News

Berita Metrasat

29 Agustus 2013, 14:53



Mobil Internet Keliling Diminati Masyarakat Pedalaman

Jakarta, Aktual.co — Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan sangat diminati masyarakat di Kabupaten Jayapura, Papua, kata Kepala Kantor Pengelolaan Data Elektronik, Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Jayapura Harry Waigiu.

Pemerintah daerah (pemda) setempat hanya memiliki dua unit mobil Mobil internet keliling atau MPLIK itu, katanya di Sentani, Senin (22/7).

"Selain beroperasi di lingkungan perkantoran Pemerintah Kabupaten Jayapura, MPLIK juga beroperasi hingga ke daerah pedalaman," ujarnya kepada wartawan di Sentani, Senin (22/7).
 

Menurutnya, setiap kali ke daerah pedalaman, mobil MPLIK akan didampingi oleh mobil perpustakaan keliling sehingga ketika sampai di tempat tujuan dapat saling melengkapi dalam memberikan pengetahuan kepada masyarakat.

"Selain mengenalkan mengenai fasilitas internet, warga juga akan diajarkan untuk membaca buku," tandasnya.

Ia menuturkan bahwa hingga saat ini animo masyarakat Kabupaten Jayapura khususnya yang ada di pedalaman untuk belajar atau ingin tahu soal internet sangat besar, hanya saja kebanyakan masyarakat masih takut untuk mengoperasikannya.

"Kendala yang kami hadapi ketika hendak pergi ke pedalaman biasanya adalah masalah cuaca dan jaringan, untuk lainnya tidak ada masalah," urainya.

Harry mengatakan bahwa respon yang baik juga ditunjukkan oleh jajaran pemerintah daerah di tingkat terbawah yaitu aparat kampung, yang mana ketika mengetahui bahwa mobil MPLIK akan datang, aparat kampung ini akan langsung mempersiapkan segala sesuatunya, sehingga masyarakat pun dapat mengetahui bahwa mobil MPLIK datang ke wilayahnya.

MPLIK dan Layanan Internet Handphone pusat distrik merupakan kelanjutan dari Program Universal Service Obligation (USO) dan dilanjutakan program PLIK, yakni Pusat Layanan Internet Kecamatan atau Internet Service Center Kabupaten.

MPLIK ditempatkan di dalam mobil. Jadi mobil ini dirancang untuk menampung seluruh paket yang berisi VSAT (1,2 m), Notebook, server, UPS, DVD player, TV LCD, dan "Genset" untuk menyediakan listrik. Kemudian mplik dapat melayani seluruh kabupaten dengan mobilitas terbatas. memungkinkan layanan ini dapat digunakan oleh sekolah atau instansi pemerintah di kabupaten.

VSAT (Very Small Aperture Terminal) merupakan teknologi komunikasi satelit yang memungkinkan seluruh tempat untuk mendapatkan akses internet tanpa kecuali. VSAT ini adalah menyediakan bit rate 256 Kbps. itu akan dibagi oleh server menjadi CPU. itu sekitar CPU masing-masing mendapatkan 51 Kbps. Hal ini mungkin tampak kecepatan lambat bagi penduduk kota, tapi ini sudah lumayan untuk pedesaan.