News

Berita Metrasat

24 Oktober 2018, 09:03



Metrasat Dorong Digitalisasi Destinasi Wisata di Sumatera Utara

Humbang Hasundutan, Sumatera Utara - Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) bersama dengan Metrasat memasang sejumlah fasilitas baru berupa akses wifi gratis pada daerah wisata dan homestay di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara. Sebanyak 10 lokasi, khususnya yang selama ini berada di area blank spot atau tidak terjangkau sinyal telekomunikasi, akan mendapatkan akses layanan internet gratis.

 

Menurut pihak penyelenggara program Desa Wisata, Harmawan Saputro, mendukung program tersebut. Menurutnya dengan adanya akses internet gratis bisa menunjang promosi wisata. “Program Desa Wisata ini bertujuan untuk memperkenalkan, mempromosikan destinasi wisata dan sumber daya alam yang bermuara pada peningkatan perekonomian masyarakat,” ucapnya.

 

Untuk mendapatkan akses internet gratis ini, pengunjung bisa langsung terhubung dengan akses point di area wisata tersebut dan langsung diarahkan dengan portal Desa Wisata. Dalam portal Desa Wisata itu pengunjung dapat melihat-lihat seputar destinasi wisata favorit yang ada di Kabupaten Humbang Hasundutan.

 

Saat ini Metrasat sudah merealisasikan program Desa Wisata di sejumlah titik di Kabupaten Humbang Hasundutan, seperti :

  1. Tempat Wisata Air Terjun Janji
  2. Homestay Tipang
  3. Gazebo Desa Tipang
  4. Tempat Wisata Sipinsur
  5. Tempat Wisata Kuliner Restoran Apung Tipang Mas
  6. Homestay Desa Simamora
  7. Homestay Desa Marbun Tonga Dolok
  8. Homestay Desa Marbun Toruan
  9. Tempat Wisata Raja Sisingamangaraja
  10. Tempat Wisata Tombak Sulu-sulu

 

“Sepuluh titik Desa Wisata masing-masing dilengkapi dengan antena VSAT dan tiga akses point yang akan mengcover layanan internet hingga radius 200 meter” Ungkap Wawan  yang ditemui Selasa pekan lalu (16/9/2018).

 

Diakhir perbincangan, Wawan berharap program ini di dukung oleh seluruh komponen. Sehingga dapat menghadirkan wisatawan lokal dan wisatawan mancanegara untuk berlibur ke Kabupaten Humbang Hasundutan, tanpa khawatir mengalami masalah dengan internet.