News

Berita Metrasat

13 Juni 2017, 13:07



Metrasat Masuk Final Dalam Festival Inovasi 2017

Bogor – Metrasat sebagai penyedia jaringan communication service menggunakan satelit broadband VSAT (Very Small Aperture Terminal), berpartisipasi dalam Festival Inovasi Telkom Group 2017 yang diselenggrakan oleh PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom). Kompetisi ini terdiri dari empat tahap, yaitu dimulai dari seleksi administrasi, on desk duty, festival inovasi dengan melakuakan presentasi di depan juri (Vice President) PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom), dan terakhir pada penetapan pemenang dengan melakukan presentasi di depan BOD (Board of Directors) PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom).

Festival ini diselenggarakan setiap setahun, dan diikuti sebanyak 332 tim terdiri dari seluruh Telkom Group dan anak perusahaan Telkom per-regional. Saat ini Metrasat telah sampai pada tahap`melakukan presentasi di depan juri (Vice President) yang diselenggarakan pada tanggal 06-07 Juni 2017, bertempat di Telkom Corporate University, Bandung. Pada tahap ini tersisa sebanyak 9 tim terbaik dari 21 tim untuk masing-masing kategori.

Menurut Manager VSAT IP & Datacom I, Bapak Nugroho Wibisono mengatakan “Festival ini memang sangat penting bagi kami karena festival ini kami dapat berkontribusi untuk menyalurkan inovasi-inovasi yang ada pada Metrasat yaitu pemanfaatan teknologi HTS (High Throughput Satellite) satu-satunya satelit di Indonesia dengan bermitra dengan provider mitra satelit HTS di Asia yang coveragenya sampai di Indonesia.”

Kompetisi ini terbagi menjadi 3 kategori yaitu kategori Transformasional, Core, dan Adjecent. Metrasat sebagai penyedia jaringan communication service menggunakan satelit broadband berkontribusi dengan mengeluarkan 3 produk inovasi terbaru milik Metrasat.

Menurutnya inovasi merupakan sesuatu yang tadinya tidak ada menjadi ada, “Inovasi teknologi terbaru yang ada pada Metrasat yaitu teknologi HTS (High Throughput Satellite), dan untuk dapat mendeliver ketiga produk tersebut dengan terintegrasi pada sistem IT dan CRM (Customer Relationship Management). Ketiga produk tersebut antara lain VSAT IP Ku-Band Kuota Base Broadband, Asymmetric Backup SMPCS (Sulawesi Maluku Papua Cable System), VSAT IP Ku-Virtual Network Opertaor Ku-BAND.” Imbuhnya.

Pada Hari Kamis, 15 Juni 2017 bertempat di Telkom Landmark Tower, Jakarta, Metrasat akan melaksanakan penjurian pada tahap akhir kompetisi dengan melakukan presentasi kepada BOD (Board of Directory) atau direktur PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom). Pada tahap terakhir kompetisi ini, Metrasat akan memperebutkan gelar juara satu dalam kompetisi Festival Inovasi 2017. Harapannya pada tahun ini Metrasat dapat merebut gelar juara 1 dalam Festival Inovasi yang diselemggarakan tiap tahun.


19 Juni 2017, 13:52



Metrasat Mengadakan Kegiatan Buka Bersama Dengan Para Karyawan

Bogor – Kamis, 15 Juni 2017 bertempat di Jl. KH. Sholeh Iskandar KM. 06, Kayumanis, Tanah Sareal, Bogor, Metrasat, kembali mengadakan kegiatan buka bersama dengan seluruh karyawan. Kegiatan buka bersama ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan setiap tahun oleh Metrasat saat memasuki Bulan Suci Ramadhan. Selain kegiatan berbuka bersama, Metrasat juga memberikan sumbangan atau donasi kepada perwakilan RT  04   Kayu Manis yaitu kepada Bapak Sugiono, dan perwakilan dari masjid Al-Mukarobbin, Kayu Manis yaitu kepada Bapak Zein. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Bapak Bogi Witjaksono selaku Executive General Manager

Menurut Executive General Manager, Bapak Bogi Witjaksono dalam pidatonya mengatakan bahwa “Kegiatan ini merupakan kegiatan untuk mempererat rasa saling silaturahmi antar sesama  karyawan Metrasat, dan juga kegiatan ini merupakan kegiatan yang rutin kita selenggarakan setiap tahun saat memasuki bulan puasa dan Saya berharap segala ibadah, amal dan puasa kita selama Bulan Suci Ramadhan ini diterima oleh Allah SWT. Amin.”

Selain pemberian donasi dan juga buka bersama, juga pemberian ceramah dari ustadz Dr. Akhmad Alim menjelang waktu maghrib dan pemaparan presentasi dari karyawan Metrasat yang berisi tentang CSR (Corporate Social Responsibility) Metrasat yang telah dilakukan selama bulan puasa kepada anak yatim dan kaum dhuafa.

Menurut salah satu karyawan Metrasat, Reza Dynasti mengatakan bahwa “Metrasat telah melakukan banyak kegiatan selama bulan Ramadhan seperti program OTA yaitu Orang Tua Asuh seperti membantu anak-anak yatim, lalu memberikan donasi setiap bulan kepada yayasan dan memberikan makanan dan minuman saat puasa sunnah Senin dan Kamis kepada anak yatim dan kaum dhuafa. Selain itu juga saat di kantor setelah ibadah dzuhur terdapat ceramah dari ustadz yang kami undang untuk mengisi materi, dan materi yang disampaikan berbeda-beda setiap pekannya.”


21 Juni 2017, 11:57



Kick Off Posko SIAGA RAFI 2017 Metrasat

Bogor – Untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri 1438 H, Metrasat kembali menyelenggarakan posko “SIAGA RAFI (Ramadhan Idul Fitri) 2017” bersama dengan para telkom group dan anak perusahaan Telkom. Kegiatan posko dari Metrasat diselenggarakan di kantor Metrasat NOC Bogor Jl. KH. Sholeh Iskandar KM. 06, Kayumanis, Tanah Sareal, Bogor. Kegiatan posko “Siaga Rafi” ini diselenggarakan setiap menjelang Hari Raya Idul Fitri, dan pada tahun ini diselenggarakan pada tanggal 19 Juni – 3 Juli 2017 di tiap-tiap kantor Telkom Group dan anak perusahaan Telkom.

Menurut Manager VSAT IP & Datacom I, Bapak Nugroho Wibisono mengatakan “Metrasat sebagai penyedia layanan jaringan communication service selalu mengadakan posko siaga menjelang Hari Raya Idul Fitri dan Hari Raya Natal dan Tahun Baru setiap tahun guna memenuhi kebutuhan akan layanan telekomunikasi yang akan lebih meningkat dari biasanya. Kami akan memonitor selama 24 jam nonstop dan Kami terus memonitoring selama 24 jam nonstop dan berkoordinasi terus dengan para teknisi yang berada di seluruh Indonesia.” Tuturnya

Kegiatan posko “SIAGA RAFI 2017” dari Metrasat diketuai oeh Bapak Ghadafi selaku officer Metrasat dan secara resmi dibuka pada tanggal 19 Juni 2017 pada pukul 09:00 WIB dengan mengadakan video conference pada acara kick off bersama dengan Telkom Group dan anak perusahaan Telkom. Hal ini bertujuan untuk menunjukan kesiapan dari operasional Metrasat yaitu Care Center dan NOC dalam Posko SIAGA RAFI 2017.

Menurut ketua posko SIAGA RAFI 2017 Metrasat, Bapak M. Ghadafi mengatakan bahwa “Beberapa fasilitas yang di cover atau yang di jaga penuh dari Metrasat pada Posko Siaga RAFI 2017 kali ini adalah Network Backbone dari operator – operator Telekomunikasi, Perbankan, dan perterlivisian dengan jumlah lebih dari 14.000 titik di seluruh Indonesia.” Lanjutnya.

Peresmian posko “SIAGA RAFI 2017” ini diikuti oleh 7 Telkom Regional dan 9 anak perusahaan Telkom yang masing-masing diwakili oleh salah satu direktur. Tidak hanya Hari Raya Idul Fitri tetapi juga diselenggarakan pada saat Hari Raya Natal dan Tahun Baru. Posko Siaga Rafi ini merupakan upaya Telkom, Telkom Group dan abak buah perusahaan telkom untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan kepada konsumen sehingga segala kebutuhan konsumen akan terpenuhi.


12 Juli 2017, 10:29



Pelatihan SOTM (Satellite On The Move) kepada SATKOMLEK Markas Besar TNI AD (Angakatan Darat)

Bogor – Metrasat memberikan pelatihan tentang CESSERA (Cellular Service on Satellite On The Move (SOTM) for Remote Area) kepada 6 perwakilan dari anggota Mabes (Markas Besar) TNI AD (Angkatan Darat). Pelatihan ini dilatarbelakangi oleh kerjasama yang telah disepakati anatara Metrasat dengan Mabes TNI AD dalam pembuatan mobil Satuan Telekomunikasi dan Elektronika (SATKOMLEK) milik Mabes TNI AD. Dalam pembuatan mobil SATKOMLEK ini, Mabes TNI AD memberikan dua unit mobil berjenis SUV agar dilakukan pemasangan perangkat telekomunikasi dan elektronika.

Menurut Manager Service Delivery SCPC RF, Bapak Dwi Wijayanto mengatakan bahwa “Kerja sama ini berkaitan dengan kepercayaan Mabes TNI AD kepada kami (METRASAT) dalam pembuatan dan pemasangan peralatan SATKOM (Satuan Komunikasi dan Elektronika) milik Mabes TNI AD dengan menggunakan perangkat satelit VSAT yang dapat bergerak. Hal ini dilakukan karena kebutuhan mereka dalam peningkatan layanan communication service melalui benda yang dapat bergerak sehingga dapat berpindah-pindah dari satu daerah ke daerah lain baik pedalaman maupun perkotaan untuk memenuhi kebutuhannya,” Imbuhnya.

Kelebihan dari pemasangan CESSERA ini adalah dapat digunakan sebagai video conference (Vicon), akses sinyal 2G, 3G, dan 4G, Voice Over Internet Protocol (VOIP), Internet di daerah pedalaman maupun perkotaan. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari yaitu pada tanggal 10-11 Juli 2017. Pada hari pertama para perwakilan dari Mabes TNI AD melakukan pengenalan lebih jauh mengenai spesifikasi yang ada pada mobil SATKOMLEK TNI AD yang dibuat oleh Metrasat, dan pada hari kedua merupakan pengujian langsung mobil SATKOMLEK TNI di jembatan Ciherang Kecamatan Karang Tengah kaki Gunung Pancar, Sentul, Bogor.

“Perangkat yang kami gunakan merupakan perangkat yang sangat cangggih yaitu menggunakan antena STOM koneksi Vsat satelit Ku Band KW 1/1 Mbps menggunakan HUB Site Bogor dengan antena 4,5 mtr satelite Telkom 3S dan  Acces Point dengan radius 100-200 meter untuk menunjang layanan telekomunikasi Mabes TNI AD.” Ujar, Joko.

Metrasat sebagai penyedia perangkat communication service berupaya untuk terus memenuhi kebutuhan konsumennya agar citra yang positif tetap melekat pada Metrasat karena pelayanan terbaik yang selalu diberikan dari Metrasat.