News

Berita Metrasat

09 Agustus 2018, 10:06



Metrasat Menjadi Saksi Peluncuran Satelit Merah Putih Telkom

Bogor – Selasa 7 Agustus 2018, Satelit Merah Putih milik PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Tbk berhasil diluncurkan dari SpaceX Cape Canaveral, Air Force Station, Amerika Serikat.

 

Pengerjaan satelit ini, melibatkan perusahaan Amerika Serikat yaitu SSL dan untuk jasa peluncurannya adalah SpaceX. Menurut SSL, Satelit Merah Putih dapat bertahan di angkasa hingga 16 tahun.

 

Selain dari pada itu, Satelit Merah Putih nantinya akan dapat melayani dan menjangkau komunikasi untuk cakupan wilayah terdepan, terluar dan tertinggal (3T) di seluruh Indonesia terutama untuk kawasan Indonesia Bagian Timur. Karena, sejauh ini keberadaan satelit telah memajukan kehidupan umat manusia..

 

Seperti yang diungkapkan melalui akun Instagram Telkom Indonesia, “Satelit Merah Putih ini akan membuka banyak kesempatan baru, menyatukan masyarakat melalui konektivitas. Sobat Telkom bisa tonton live streaming peluncuran Satelit Merah Putih di Official Youtube Channel @telkomindonesia.”

 

Dalam peristiwa bersejarah ini. Metrasat sebagai anak perusahaan Telkom group, turut menyaksikan bersama peluncuran Satelit Merah Putih melalui live youtube, yang digelar di Kantor Metrasat NOC Bogor Jl. K.H. Soleh Iskandar Km. 6, Kayu Manis, Tanah Sareal, Bogor.

 

Satelit Merah Putih memiliki kapasitas sebanyak 60 transponder aktif, terdiri dari 12 Extended C-Band dan 24 Standard C-Band yang akan menjangkau Asia Tenggara khususnya Indonesia. Serta, 24 Standard C-Band lainnya untuk menjangkau Asia Selatan.

 

Satelit ini akan menempati slot orbit 108 derajat Bujur Timur (BT) atau di atas wilayah sekitar Selat Karimata. Kehadiran Satelit Merah Putih akan melengkapi dua satelit Telkom lainnya yang masih aktif beroperasi, yaitu Telkom 2 dan Telkom 3S.